Biotin

Biotin merupakan jenis vitamin B7 yang bisa dengan mudah larut dalam air. Vitamin ini bisa ditemukan pada berbagai jenis makanan, seperti kuning telur, pisang, kembang kol, jamur, wortel, berbagai jenis olahan susu, biji bunga matahari, serta kacang-kacangan. Tubuh kucing & anjing memerlukan asupan biotin yang cukup.

Keberadaan vitamin yang satu ini bisa membantu mengubah jenis nutrisi tertentu menjadi energi namun tentu bersumber dari jaringan hewani, selain itu, biotin juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan rambut, kulit, serta kuku.

Karena biotin bisa diperoleh dengan mudah, sangat jarang kasus kekurangan biotin terjadi. Ketika tubuh mengalami kekurangan biotin, bisa ditengarai dengan adanya gejala rambut yang mudah rontok serta rambut yang berwarna kusam.

Diwaktu yang sama, asupan biotin yang cukup untuk tubuh bakal bermanfaat besar untuk kesehatan rambut hewan kesayangan. Pada konteks nutrisi manusia,hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Ablon Skin Institute Research Center, Amerika Serikat. Dalam penelitian tersebut, para responden diminta untuk mengonsumsi suplemen biotin 2x dalan sehari selama 90 hari. Dari hasil penelitian, terungkap kalau responden yang memperoleh asupan suplemen biotin memiliki rambut yang lebih kokoh.

Mereka pun merasakan bahwa pada bagian yang mengalami kerontokan, sudah mulai ada rambut yang tumbuh. Ketika digunakan pada produk shampo, biotin mampu memperbaiki kondisi rambut menjadi lebih baik. Vitamin B kompleks ini tidak hanya mendorong pertumbuhan rambut menjadi lebih lebat. Di waktu yang sama, juga mengatasi rambut yang tipis dan memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah rontok. 

 

You may also like