Kebutuhan asupan vitamin untuk hewan

Pastikan kebutuhan air minumnya, terutana terpenuhi akan kebutuhan mineral, mineral bukan hanya bersumber dari air minumnya saja, banyak sumber yang bisa di dapat terutama dari makanan bersumber hewani yang cocok dengan tipe sistem pencernaannya pendek, begitupun dengan kebutuhanya akan asupan vitamin D,bukan hanya berasal dari sinar matahari saja sebagaimana yang di ketahui oleh khalayak, produk nutrious mampu melakukan terobosan research untuk mendapati sumber vitamin terbarukan yaitu berasal dari smoot biotin dengan bantuan asam pantotenat (subset lain dari keluarga vitamin-B). Mineral adalah nustrisi inorganik esensial. Mineral terbagi menjadi makromineral dan mikromineral (trace mineral).

Semua mineral tersebut sangat diperlukan tubuh. Mineral spesifik yang diperlukan anjing adalah zat besi, tembaga, iodium dan zink. Trace mineral biasanya berhubungan dengan pertumbuhan dan regenerasi jaringan, termasuk hormon dan enzim. Namun demikian ada interaksi-interaksi di antara mineral tersebut. Interaksi terjadi pada zink, tembaga dan kalsium, karena absorpsi zat-zat tersebut saling mempengaruhi. Kelebihan kalsium akan menekan absorbsi zink, kelebihan zink akan menekan absorpsi tembaga. Saat ini juga diketahui bahan serat nabati dan fitin dari sereal dan kedelai menekan absorpsi kalsium, zink dan magnesium. Zink berperan penting dalam menjaga homeostasis di banyak jaringan. Zat ini juga penting pada sistem kekebalan dan metabolsime asam nukleat. Defisiensi zink akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan terhambat, menurunnya penggunaan protein, meningkatnya risiko infeksi, melambatnya proses penyebuhan luka, perubahan perilaku dan penyakit kulit lainya.

Anjing yang mengalami defisiensi zink menunjukkan gejala kulit bersisik, krusta eritematosa di sekitar mata, hidung, telinga dan bagian-bagian tubuh yang menonjol. Telapak kaki (footpad) sangat keras (hiperkeratosis) sehingga bila berjalan di lantai yang keras akan berbunyi. Pada kucing dibutuhkan zink lebih banyak apabila hanya mengkonsumsi protein bersumber nabati seperti komersial dry food ( hal ini karena kucing adalah karnivora sejati. Defisiensi zink pada kucing akan menyebabkan alopesia, kulit menebal dan bersisik. Gejala tersebut akan sering dikelirukan dengan demodecosis. Selain itu defisiensi zink dapat diakibatkan oleh pemberian kalsium yang belebihan, baik pada kucing ataupun pada anjing.

Asupan kalsium yang tinggi akan menghalangi absorbsi zink, karena kedua zat ini saling berkompetsisi saat absorbsi. Dalam dietnya, kucing membutuhkan keseimbangan asupan antara kalsium dan phospor, rumus teoria yang di tetapkan AAFCO adalah 1:5 begitupun dengan kandungan antar omega di butuhkan keseimbangan persentase nilai kandungan, selain dari yang sudah di paparkan di atas bahwa kandungan tersebut haruslah mampu larut dalam air dan larut dalam lemak, rumusan ini adalah dasar nutrisi pembangun dan penjaga kualitas kesehatan yang fokus pada kulit & rambut terutama dalam pemilihan produk suplement kulit & rambut.

You may also like