Komposisi Rambut dan Struktur Folikel Rambut

 Seperti yang sudah di jelaskan bahwa epidermis terinvaginasi ke dalam dermis untuk membentuk kantung seperti pipa, yang disebut folikel rambut. Kelenjar sebasea tersambung secara langsung dengan bagian atas folikel. Kelenjar ini mensekresikan sebum/minyak yang melumasi dan melindungi kulit dan rambut. Otot polos yang disebut otot arrector pili bekerja secara otonom, terhubung di dekat bagian tengah folikel rambut, dan membentuk sudut terhadap epidermis. Otot polos ini dinamai sesuai fungsinya, yaitu menegakkan rambut dengan segera bila tubuh kedinginan atau individu sedang mengalami perubahan emosional. Bagian rambut yang muncul pada permukaan kulit disebut batang rambut (hair shaft) dan bagian yang berada di dalam kulit disebut akar rambut (hair root).

Ujung rambut yang seperti umbi pada akar rambut disebut umbi rambut (hair bulb). Bagian tengah umbi rambut terinvaginasi untuk membentuk dermal papilla yang mengandung pembuluh darah dan saraf. Nutrisi makanan dan oksigen diserap oleh dermal papilla untuk regenerasi dan pertumbuhan rambut. Sel rambut yang berhubungan dengan dermal papilla disebut matriks rambut (hair matriks) dan bertanggung jawab atas produksi rambut. Dengan kata lain, matriks rambut mengabsorbsi nutrisi dan oksigen dari kapiler darah yang memasuki dermal papilla, dan membentuk rambut dengan pembelahan sel. Matriks rambut juga mengandung melanosit yang menentukan warna rambut. Umbi rambut disebut Auber critical level.

Garis ini menandai batas antara umbi rambut atas dan bawah. Separo bagian bawah disebut matriks rambut, tersusun dari sel tak terdiferensiasi yang membelah dengan cepat. Paling banyak pembelahan sel terjadi di bagian ini, dan hampir tidak ada pembelahan yang terjadi di separo bagian atasnya. Sel matriks rambut bergerak ke separo bagian atas dari critical level untuk membentuk batang rambut, yang kemudian tumbuh dan berdiferensiasi menjadi medulla, korteks, kutikula, dan seludang akar bagian dalam (inner root sheath)yang terbentuk dari keratin rambut,ini salah satu alasan kami menyajikan kandungan biotin (vitamin B7) yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan rambut secara optimal dan baik serta kandungan glutarhione sebagai master antioksidant yang selain berfungsi menahan radikal bebas juga menekan dan memperlambat proses penuaan rambut.

Proses ini sangat mirip dengan proses pembentukan lapisan kulit tanduk dari keratinosit pada lapisan sel kulit basal yang terdiferensiasi secara lanjut dan berpindah ke arah permukaan kulit. Keratinosit epidermis bertanggung jawab terhadap keratinisasi normal dan akhirnya terdiferensiasi menjadi sel keratin yang semuanya serupa. Namun, pada proses keratinisasi pembentukan rambut, sel-selnya tidak semuanya sampai membentuk medulla, korteks, dan kutikula Bagian dalam seludang akar terdiferensiasi dengan morfologi dan bentuk keratin yang karakteristik. Sel korteks berpindah secara berangsur-angsur ke atas, menjadi lebih panjang dalam suatu bentukan gelendong dan menjadi terkeratinkan. Selain itu, serat-serat bergabung bersama untuk membentuk ikatan serat. Nukleus keratin korteks dianggap sebagai nukleus residu.
Sel kutikula membentuk lapisan dari matriks rambut untuk bagian atas umbi rambut dan berpindah ke atas. Pada bagian tengah atas umbi rambut, sel kutikula mulai memanjang.

Di bawah bagian atas umbi rambut, sumbu longitudinal sel mulai condong secara tegak lurus dari sumbu folikel rambut. Pada saat sel sudah mencapai 1/3 jaraknya dari folikel rambut, sel kutikula sebelah luar merubah orientasi dari horizontal menjadi perpendicular condong dan membentuk pola seperti sisik ikan tumpang tindih yang tipis sama halnya dengan bentuk batang rambut manusia. Rekonstruksi sel kutikula dan reorientasi diselesaikan pada saat mencapai bagian tengah folikel rambut. Pada titik ini, sel nukleus hilang dan bersinggungan langsung dengan sel korteks. Bagian dalam seludang akar dibentuk oleh lingkaran dan tepi luar matriks rambut. Bagian dalam seludang akar dirusak pada waktu bagian atas folikel rambut yang lebih tipis dicapai, atau dengan kata lain, di dekat sel sebasea yang terbuka. Fungsi utamanya dapat dikatakan sebagai kreasi pembentukan atau profil akar rambut di dalam folikel rambut. Sel yang terbentuk di luar seludang akar memiliki bentuk yang sama dengan lapisan sel basal dan sel spinous pada epidermis, tetapi ada perbedaan yang cukup berarti. Jadi mungkin saja tidak terbentuk di matriks rambut.

You may also like